Dota 2: 5 Hal yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

dota 2

Dota 2 Hal yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Dota 2 merupakan salah satu game online yang dapat dimainkan pada perangkat komputer atau PC. Game ini menjadi favorit berbagai kalangan karena genre serta permainannya yang unik. Dota merupakan singkatan dari Defense of the Ancients yang memiliki genre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena

Seri sebelumnya juga memiliki tempat tersendiri di hati para pencinta game. Karena cukup disukai maka judul tersebut kemudian terus dikembangkan hingga menjadi seri kedua. Meskipun saat ini cukup jarang dimainkan namun kehadirannya memberikan kesan tersendiri bagi pecinta game online

Jika kamu cukup penasaran dengan game ini kamu bisa membaca informasi penting yang akan disajikan pada artikel kali ini. Informasi yang disajikan merupakan beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang game Dota 2

Sejarah Singkat Dota 2

Tidak banyak yang tahu mengenai sejarah dan perkembangan dari game yang satu ini. Umumnya baik para pemain maupun yang lainnya hanya mengetahui cara bermain atau aturan dari game tersebut. 

Sekilas sejarah Dota 2 memang cukup panjang namun secara umum sejarahnya dapat dimengerti dengan mudah. Game ini berawal dari ide gameplay pada StarCraft, yaitu Aeon of Strife. Peta di dalamnya kemudian diubah secara struktur dengan konstruksi dasar dan satuan komando. 

Dalam judul Aeon of Strife peran pemain tidak dilibatkan secara keseluruhan. Kemudian permainan yang didukung unit Al yang dapat membantu setiap pemain untuk menghancurkan musuh. Adanya perilisan Warcraft 3 pada tahun 2003 kemudian sebuah modder dengan nama Eul tertarik untuk memulai pembangunan pada peta yang serupa. 

Hal tersebut mendukung hingga 10 pemain yang kemudian disebut dengan Defense of The Ancients (Dota). Unsur-unsur RPG yang ada di dalamnya terus disempurnakan termasuk dalam Dota 2. Pada awalnya Dota menjadi perdebatan karena dianggap sebagai proyek non-profit dan terlalu jauh dari masyarakat Blizzard dan Warcraft 3. 

Setelah itu, Pendragon membuat pengajuan sehingga memperoleh merek dagang yaitu Defense of the Ancients. Kemudian valve akhirnya mengambil istilah Dota 2 dengan menggunakan anggaran yang cukup tinggi dari permainan yang menggunakan mesin Valve sebagai pihak yang memiliki andil. 

Aturan Permainan Dota 2

Berikutnya hal yang tak kalah penting tak bisa kamu ketahui ialah pengaturan permainan dipahami untuk bisa memainkan game tersebut. Secara umum dalam permainannya kamu hanya perlu mengontrol 1 Hero dan tidak seperti game RTS lainnya.  Aturannya memang bersifat lebih detail namun secara umum akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Terdapat 2 Tim: Terdapat dua tim atau Faction yang terdiri dari Dire dan Radiant. Direct terletak di kanan atas Map sementara Radiant berada di kiri bawah Map di mana kamu harus masuk ke salah satunya. 
  • Pemain wajib menghancurkan Ancient musuh: Jika salah satu Ancient yang letaknya dekat dengan fountain sudah hancur maka tim tersebut dinyatakan hancur dan kalah. Jika ada musuh yang masuk ke fountain maka dia akan segera mati. 
  • Tidak bisa langsung menghancurkan Ancient kecuali jika sudah menghancurkan 3 tower dan 2 barracks dalam 1 lane dan 2 tower terdekat. 
  • Bisa memilih tipe-tipe Hero atau Atribut. 
  • Setiap Hero memiliki role atau tugas masing-masing. 
  • Terdiri dari 5 pemain yang harus menggabungkan kemampuan Hero untuk menemukan kombinasi Meta yang cocok. 
  • Setiap pemain harus menentukan strategi dengan sebaik mungkin. 

Cara Memilih Hero

Hal lain yang sangat perlu kamu ketahui ialah panduan memilih Hero Dota 2. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan ialah menggunakan sebuah unsur yang dinamakan Draft Pick. Unsur ini sangat penting untuk membantumu dalam memperoleh kemenangan dalam game tersebut. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan mengenai Draft Pick ini

1. Mengetahui Konsep Drafting 

Kamu terlebih dahulu perlu mengetahui proses drafting yang merupakan tahapan pemilihan 5 Hero Dota 2 untuk bisa dimainkan bersama. Hal ini harus dilakukan di awal permainan sebelum pindah dari arena pertandingan. 

Setiap anggota tim sudah memiliki peran masing-masing karena game ini dimainkan secara kelompok. Sebagai pemain pemula kamu tidak bisa mengabaikan Draft Pick dan selalu mementingkan ego dalam memilih Hero. Padahal setiap Hero tidak selamanya cocok di setiap situasi yang ada dalam permainan. 

2. Pilih Hero Favorit

Memilih Hero merupakan bagian yang penting dari mekanik permainan yang harus kamu ketahui. Setiap Hero bisa saja tidak menjadi masalah jika kamu tidak bermain di ranked game terutama jika kamu sudah mengetahui role apa yang digunakan pada tim. 

Sebagai pemain support maka kamu harus memilih Hero terlebih dahulu dan untuk pemain hard carry harus menunggu hingga giliran terakhir. Di sini kamu harus berpikir dengan lebih baik untuk bisa menyatu dalam permainan tim. Dengan begitu Hero yang dipilih bisa sesuai dan bertahan di berbagai situasi. 

3. Pilih Hero untuk Di-Ban

Pengetahuan tentang Hero harus diutamakan baik dalam All Pick maupun Captain mode. Hal ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat untuk melakukan ban bagi pemain lawan sehingga tidak bisa memilih Hero pada Dota 2. 

Untuk melakukan hal ini kamu hanya memiliki waktu beberapa detik saja sehingga harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Hero yang harus di ban bisa berbeda-beda tergantung situasinya. Jika kamu menghadapi tim lawan yang baru dikenal maka kamu perlu melakukan ban Hero Meta yang bisa menyulitkan. 

Role Permainan Dota 2

Berikutnya terdapat hal penting yang sangat berpengaruh dalam game ini yaitu menentukan Role permainan. Role atau bagian merupakan posisi atau tugas yang dimiliki para Hero yang sifatnya dinamis dan dapat dirubah. Namun secara umum terdapat Official Role yang menyatakan Role asli dari Hero tersebut. 

  • Carry: Role untuk hero yang lemah di awal dan kuat di akhir game yang di dalamnya terdapat items dan level yang membutuhkan farm untuk mendapatkan XP dan gold
  • Support: Bertugas untuk membantu tim untuk menjaga carry bagi last hit di awal game. Pada role ini Hero Intelligence akan banyak menggunakan skill daripada attack
  • Nuker: Hero dapat membunuh Hero menggunakan skillnya dengan cepat tanpa bantuan. 
  • Disabler: Hero yang bisa membuat stun, melambat, atau bahkan menghilangkan untuk sementara.
Tipe-tipe Hero di Game Dota 2

Dalam Dota 2 terdapat tipe-tipe Hero yang terdiri dari tiga jenis yaitu Agility, Intelligence, dan Strength. Agility merupakan Hero yang memiliki keahlian di kecepatan dalam pengurangan atau attack speed dan armor sehingga kuat di akhir game. Sementara Strength cukup kuat dalam healthpool-nya yang lebar serta regenerasi darah atau hp yang lebih cepat. 

Terakhir terdapat Intelligence yang merupakan tipe Hero yang lebih banyak menggunakan kekuatan yang dimilikinya yang biasanya terdiri dari Hero support. Setiap Hero memiliki atribut dan setiap poin atributnya akan berbeda-beda. 

Itulah beberapa hal-hal penting mengenai Dota 2 yang jarang diketahui secara lengkap. Kamu bisa mencari tahu dan mempelajari hal tersebut dengan sebaik mungkin. Tujuannya tidak lain agar bisa menaklukkan game tersebut.

You Might Also Like