Olahraga di Rumah Sehat dan Sederhana

olahraga di rumah

Olahraga Sehat dan Sederhana di Rumah

Olahraga di rumah sepertinya akhir-akhir ini telah menjadi gaya hidup baru di masyarakat. Maklum dengan padatnya kegiatan sehari-hari, masyarakat cenderung tidak memiliki banyak waktu untuk bepergian ke gym. 

Terlebih lagi saat-saat ini masyarakat juga dihimbau untuk tetap di rumah. Hal ini mengingat adanya pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga saat ini.

Terlepas dari hal itu, olahraga memang penting untuk dilakukan agar tubuh menjadi lebih fit, bugar dan sehat. Oleh karenanya, banyak orang yang mencari alternatif olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah dari rumah.

Olahraga Sehat dan Sederhana di Rumah

Olahraga di rumah kini makin penting untuk dilakukan. Tetapi, sepertinya banyak orang yang belum mengetahui jenis olahraga apa yang cocok dilakukan di rumah. 

Nah, untuk kamu yang ingin berolahraga di rumah, maka simaklah beberapa jenis olahraga sehat dan sederhana di rumah berikut ini.

1. Yoga

Jenis olahraga di rumah pertama yang bisa kamu lakukan adalah yoga. Olahraga ini memiliki banyak manfaat. Selain untuk menyehatkan badan, yoga juga bisa mengurangi stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Olahraga yoga umumnya juga cukup diminati oleh masyarakat karena mudah diikuti oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Tidak hanya itu, yoga bahkan juga bisa dilakukan oleh anak-anak, remaja, hingga lansia.

Dengan melakukan olahraga yoga secara rutin, maka kamu dapat mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental. Apalagi di situasi pandemi seperti ini, di mana kamu mungkin bosan dan stres karena tidak bisa keluar rumah. Tentu saja ini sangat cocok untuk kamu lakukan.

Agar terhindar dari risiko cedera, kamu tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang rumit. Cara melakukan yoga di rumah bisa kamu mulai dari gerakan yang sederhana seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Apabila kamu merasa kesulitan, maka kamu bisa mengikuti berbagai tutorial yang ada di internet. Sehingga, kamu pun bisa dengan mudah melakukannya meski hanya di rumah.

2. Pilates

Olahraga berikutnya adalah pilates. Pilates memang sekilas seperti olahraga yoga. Meskipun begitu, jenis olahraga ini berbeda dengan yoga.

Olahraga yoga umumnya berfokus pada ketahanan tubuh, kekuatan, dan spiritual. Sedangkan pilates adalah olahraga yang memfokuskan tujuannya untuk membentuk kelenturan dan fleksibilitas tubuh serta memperkuat otot inti.

Meski berbeda, kamu tidak perlu khawatir karena pada dasarnya pilates juga bisa dilakukan di rumah. Olahraga ini bisa dilakukan siapa saja, baik pemula atau yang sudah rutin berolahraga.

Bagi kamu yang masih pemula, olahraga pilates di rumah bisa kamu lakukan dengan mempelajari gerakan dasarnya melalui internet. Jika sudah mahir barulah beralih ke gerakan-gerakan lain. Namun untuk keselamatan, akan lebih disarankan jika menyewa instruktur.

Untuk melakukan olahraga pilates, sebenarnya kamu hanya perlu menyiapkan matras dan pakaian yang nyaman. Akan tetapi, kamu juga bisa menyiapkan beberapa peralatan seperti gym ball, toning ball, resistance band, dan lain sebagainya. Sebab, peralatan tersebut mungkin akan kamu butuh kan untuk melakukan gerakan tertentu.

3. Lompat Tali

Jenis olahraga di rumah ini tentu sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Lompat tali atau skipping merupakan olahraga yang sering dilakukan untuk mereka yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh dan kinerja jantung. 

Saat melakukan olahraga ini, kamu akan melakukan lompatan yang cukup cepat dan dilakukan secara berulang-ulang. Sehingga jantung kamu akan berdenyut dengan lebih cepat. 

Meskipun begitu, manfaat lompat tali tidak hanya itu saja. Lompat tali juga merupakan salah satu jenis olahraga untuk menurunkan berat badan. Dengan melakukan lompat tali selama 20 menit, kamu sudah bisa membakar kurang lebih sebanyak 200 kalori

Sama seperti beberapa jenis olahraga sebelumnya, lompat tali bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Ini karena gerakan yang dilakukan cukup simpel, yaitu melompat sambil mengayunkan tangan secara berulang-ulang.

Untuk memulai latihan lompat tali, kamu hanyalah memerlukan seutas tali yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko olahraga terdekat atau marketplace online

4. Strong Nation

Bagi kamu yang ingin melakukan olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan, maka kamu wajib mencoba strong nation. Olahraga ini termasuk dalam HIIT (High Intensity Interval Training) yang merupakan kardio dalam intensitas tinggi.

Saat melakukan olahraga ini, kamu akan memerlukan kekuatan otot, koordinasi interval gerakan, dan pernapasan yang baik. Meskipun terdengar sulit dilakukan, namun olahraga ini memiliki impact yang besar sehingga dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Biasanya strong nation dilakukan dalam waktu kurang lebih satu jam. Itu sudah mencakup pemanasan, latihan inti, dan juga pendinginan. 

Dalam sesi latihan inti, kamu akan melakukan gerakan-gerakan olahraga sederhana seperti plank, squat, push up, lunges, dan jumping jacks. Tetapi jangan salah, ada tiga interval yang harus diikuti mulai dari kuadran 1-4. Setiap kuadran tersebut, intervalnya akan semakin meningkat, sehingga pastinya kamu akan benar-benar kelelahan.

Untuk memulai olahraga di rumah ini, kamu hanya perlu menyiapkan pakaian olahraga, sepatu olahraga dan yoga mat saja. Adapun untuk melakukannya kamu bisa menyewa instruktur pribadi atau mengikuti online class.

5. Angkat Beban

Olahraga selanjutnya yang juga bisa dilakukan di rumah adalah angkat beban. Jenis olahraga ini memang dulunya tidak familiar dilakukan di rumah. Tetapi karena munculnya pandemi, kini masyarakat bisa memilih angkat beban sebagai alternatif olahraga pembentuk otot di rumah.

Namun meskipun bisa dilakukan di rumah, olahraga ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab angkat beban termasuk kategori olahraga berat. Apabila kamu melakukannya dengan salah, maka kamu kemungkinan besar akan mengalami cedera.

Jika kamu sebelumnya memang sudah berpengalaman dengan olahraga ini, kamu mungkin bisa melakukannya tanpa masalah. Tetapi apabila kamu pemula dan ingin mencoba angkat beban, maka akan sangat disarankan untuk menyewa instruktur pribadi.

Agar bisa melakukan olahraga ini, kamu perlu menyiapkan beberapa perlengkapan khusus. Misalnya adalah barbel, kettlebell, plat beban, rack, hingga bench. Tetapi jika tidak ada, kamu juga bisa memanfaatkan alat-alat di sekitar seperti kursi, kaleng cat atau botol yang diisi dengan pasir, dan lain-lain.

6. Joging

Kamu pastinya tahu dengan olahraga yang satu ini. Jogging adalah pilihan favorit bagi banyak orang yang ingin berolahraga di rumah. Ini karena olahraga joging dapat dilakukan kapan pun dan tidak membutuhkan banyak peralatan.

Olahraga ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin melatih pernapasan dan kinerja jantung. Sebab saat berlari, nafas kamu akan terengah-engah dan jantung akan berdenyut lebih cepat.

Selain itu, joging juga bisa menjadi alternatif olahraga pembentuk otot di rumah. Hal ini dikarenakan joging bisa melatih otot-otot pada bagian kaki, meliputi paha, betis, dan bokong.

Ketika ingin memulai joging sebagai pilihan olahraga di rumah, kamu hanya memerlukan sepatu dan juga pakaian olahraga yang nyaman digunakan. Adapun untuk kebutuhan tambahan, kamu membawa air mineral pun dirasa sudah cukup.