Tips Memilih Jasa Fotografi untuk Foto Prewedding yang Estetik

fotografi untuk foto prewedding

Memilih Jasa Fotografi untuk Foto Prewedding yang Estetik

Memilih Jasa Fotografi untuk Foto Prewedding – Pernikahan adalah momen langka yang umumnya terjadi hanya sekali seumur hidup dalam hubungan suatu pasangan. Momen ini merupakan saat yang bahagia karena merupakan hari di mana pasangan resmi mengikat janji untuk menjalin hidup bersama. Pastinya, pasangan-pasangan ini ingin momen bahagia seperti ini diabadikan sehingga bisa dikenang hingga seterusnya. Begitu pula sebelum hari pernikahan dilaksanakan, mereka biasanya berlomba-lomba untuk mencari dan menyewa jasa fotografer untuk mengambil berbagai potret yang bisa melukiskan keindahan perjalanan romansa mereka. Foto-foto prewedding (pra-nikah) ini biasanya akan dipajang di lokasi pernikahan dengan bantuan dari vendor dekorasi yang bekerjasama.

Walau terdengar sepele, tetapi foto prewedding lebih baik tidak sembarangan agar ekspresi dalam potret tersampaikan ke para tamu undangan yang melihatnya. Foto prewedding memiliki macam-macam tema yang bisa digunakan mengikuti selera dari masing-masing pasangan. Biaya untuk menyewa jasa fotografer prewedding pun tidak sedikit. Artinya, Anda perlu memilih fotografer prewedding Anda dengan lebih cermat agar hasilnya tidak mengecewakan.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda coba ketika memilih vendor fotografi untuk foto prewedding yang estetik

  1. Minta Rekomendasi dari Teman-Teman

Siasat termudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan vendor fotografi terpercaya yaitu dengan cara bertanya pada orang sekitar. Anda bisa bertanya terutama kepada keluarga atau kerabat yang sudah lebih dulu menggelar pernikahan. Tentunya, Anda harus tetap menyesuaikan tema prewedding yang Anda inginkan dengan spesialisasi vendor yang akan dipilih. Selain itu, Anda juga perlu menanyakan pada keluarga atau kerabat yang pernah menggunakan jasa vendor tersebut tentang kinerja dan harga yang ditawarkan mereka.

  1. Telusuri Referensi di Internet

Internet merupakan rumah bagi informasi yang tak terhingga. Oleh sebab itu, manfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya seperti dengan mencari platform di bidang Wedding Planning atau fotografi. Contohnya saja platform Bridestory yang akan sangat mempermudah Anda dengan menyajikan seluruh informasi dan detail yang dibutuhkan siapapun yang ingin mempersiapkan pernikahan. Di platform sejenis ini, Anda dapat melihat banyak referensi vendor fotografer yang lengkap dengan harga dan bahkan ulasan langsung dari para klien yang sudah pernah menggunakan jasa mereka.

  1. Cek atau Minta Portofolio

Portofolio adalah kunci utama ketika mencari vendor apapun termasuk fotografi. Dengan melihat portofolio, Anda akan mendapat gambaran nyata hasil karya sang vendor incaran Anda. Di zaman serba canggih, selain melalui platform di internet seperti di atas, Anda bahkan cukup menelusuri sosial media dari sang vendor untuk melihat hasil karyanya. Selain itu, jangan lupa baca ulasan dari komentar atau unggahan klien-kliennya yang terdahulu untuk mencari tahu tentang kinerja sang vendor sama seperti Anda membaca ulasan pada platform Wedding Planning tadi.

  1. Tanyakan Keunggulan

Menyikapi persaingan yang ketat antar penyedia jasa fotografi, masing-masing vendor tentu berlomba-lomba untuk menonjolkan apa yang tidak dimiliki oleh vendor lainnya. Maka itu, jangan ragu untuk tanyakan apa yang menjadi pembeda atau keunggulan vendor pilihan Anda. Jangan sampai, Anda mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk mendapatkan jasa fotografi untuk foto prewedding yang tidak memiliki keunikan atau ciri khas. Anda tentu tidak ingin momen prewedding Anda disamakan dengan pasangan lainnya karena ini merupakan momen yang spesial.

  1. Tanyakan Perlengkapan Foto yang Digunakan

Selain keunggulan dalam hal jasa yang ditawarkan, Anda juga perlu untuk memastikan apa saja alat atau perlengkapan yang akan mereka gunakan dalam mengabadikan momen prewedding Anda. Setiap vendor fotografi menyediakan perlengkapan yang berbeda-beda untuk mengabadikan momen prewedding. Ada yang hanya membawa kamera DSLR dengan berbagai lensa, atau kamera mirrorless dengan lensa yang bervariasi, ada pula yang membawa perlengkapan seperti lighting dan reflektor untuk menyiasati penerangan yang minim di alam terbuka. Sesuaikan perlengkapan yang dibutuhkan dengan biaya yang Anda keluarkan untuk menyewa jasa mereka.

  1. Sepakati Harga Penawaran

Harga termasuk topik yang sensitif dalam perencanaan pernikahan bahkan dari prewedding. Pastikan Anda menyepakati bersama biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa fotografi prewedding Anda dan apa saja yang akan didapat dengan biaya sekian. Tips satu ini berhubungan dengan semua tips yang sebelumnya telah Anda coba. Semakin tinggi penawaran paket vendor, semakin lengkap dan profesional pula seharusnya kualitas yang ditawarkannya untuk klien. Oleh karena itulah, jangan sampai Anda kecewa dan dirugikan oleh pengeluaran tinggi tanpa hasil yang memuaskan.

  1. Buat Kesepakatan Tertulis atau Invoice

Terakhir, setelah Anda menemukan vendor pilihan yang paling sesuai dengan keinginan Anda, buat kesepakatan secara tertulis. Kesepakatan ini termasuk dalam invoice/kwitansi untuk perihal pelunasan pembayaran dan sebagai bukti tertulis yang sama-sama disepakati oleh kedua belah pihak yakni klien dan vendor. Tuangkan semua kesepakatan yang telah didiskusikan bersama dalam kwitansi tersebut. Hal-hal yang dimaksud yakni seperti harga, hari dan tanggal serta durasi, bentuk dan kuantitas dokumentasi yang harus diterima klien setelah proses selesai, dan sebagainya. Semuanya harus ditulis dengan sebagaimana seharusnya sehingga jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika memilih jasa fotografi dalam rangka prewedding agar hasilnya memuaskan.

You Might Also Like